Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Makanan untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Tips Cara. Pada ibu hamil usia 4 bulan sangat perlu untuk memperhatikan makanan yang diberikan pada janin yang sudah mulai membentuk organ. Hampir seluruh organ pada janin pada usia ini telah tumbuh dengan sempurna, hanya beberapa diantara organ utama yang belum berhasil tumbuh sempurna makan pada masa ini ibu hamil harus tetap berhati-hati dan memilih makanan yang harus dikonsumsi.

Sehat dengan cara alami

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil pada usia 4 bulan. Pemilihan menu makanan ini dianggap penting agar terhindar dari cacat lahir bawaan dan juga kemungkinan terjadi keguguran kandungan.

Baca Juga Artikel

Makanan Mengandung Serat
Makanan mengandung serat sangat baik untuk ibu hamil usia 4 bulan. Pada usia keluhan pada ibu hamil semakin bertambah. Keluhan juga bertambah terkait masalah pencernaan oleh karena makanan berserat sangat penting bagi ibu hamil untuk menghindari sembelit. Jenis makanan berserat yang disarankan juga tidak boleh sembarangan. Serat alami dari Jeruk, Kacang-kacangan atau sereal, semangka dan brokoli merupakan pilihan terbaik.

Ibu hamil makan makanan berserat

Makanan Mengandung Kalsium 
Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janin. Beban berat yang dibawa ibu dan juga asupan kalsium untuk si bayi diperoleh dari makanan yang dimakan oleh ibu hamil. Kalsium sendiri berperan untuk perkembangan si Janin terutama untuk perkembangan tulang rawan. Makanan utama yang dapat memberikan asupan gizi pada ibu hamil adalah keju, susu dan juga sayuran hijau. Mengkonsumsi cukup kalsium menghindari gejala osteoporosis bagi ibu hamil.

Komsumsi susu untuk ibu hamil

Makanan mengandung Protein
Protein adalah gizi yang dibutuhkan oleh siapa saja, tidak hanya untuk ibu hamil. Pada saat makan pastikan anda mendapatkan protein yang mencukupi baik protein nabati maupun protein hewani. Protein bisa terdapat pada buah, sayur dan juga telur.

Perbanyak Makanan yang Mengandung Zat Besi
Zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Zat besi yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Selanjutnya sel darah merah berfungsi sebagai alat transportasi nutrisi dan energi ke seluruh tubuh termasuk ke dalam kandungan. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan juga stres.Komsumsi zat ini melalui obat-obatan tapi harus melalui petunjuk dokter.
Cara sehat untuk ibu hamil


Makanan Yang Perlu dihindari pada saat Hamil 4 bulan.
Sama seperti pada kondisi biasa, Ibu hamil harus mengurangi makanan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti makanan yang mengandung lemak berlebih. Kegemukan akan lebih merugikan anda ketika anda hamil dan dapat juga membahayakan proses melahirkan. Kurangi makanan yang mengandung banyak alkohol dan juga merokok.