Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Mencari Pekerjaan

Dzargon - Tips dan Cara Mencari Pekerjaan Tips Cara. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi Tips Mencari pekerjaan untuk anda para pencari kerja. Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan adalah sebuah hal yang tidak mudah. banyak informasi kerja yang terkadang memerlukan berbagai macam persyaratan yang hampir tidak semuanya dapat dipenuhi oleh sebagian besar pencari kerja.

Banyak informasi lowongan pekerjaan yang bisa anda dapatkan, akan tetapi terkadang sedikit informasi yang sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki. Di butuhkan kejelian untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kriteria yang anda miliki.

Beberapa orang menganggap mencari kerja adalah untung-untungan, jadi galilah keuntungan tersebut dengan kerja keras. Setiap saat kesempatan bisa datang pada anda tanpa anda duga sebelumnya. Bahkan dari selembar koran usang dipinggir jalan sekalipun anda bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Simak beberapa Tips Mencari Info Lowongan Kerja berikut ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk anda para pencari kerja.

1. Sumber Informasi

Manfaatkan sumber informasi yang ada disekitar anda seperti Sekolah, Kampus, Papan pengumuman dan fasilitas publik lainnya yang ada disekitar anda. Sekolah atau Kampus tempat anda menuntut ilmu sebenarnya bisa anda manfaatkan sebagai peluang untuk mencari informasi pekerjaan. 

Bisa saja ada informasi lowongan pekerjaan yang ditempel di mading maupun media pengumuman di lingkungan sekolah atau kampus tersebut. Selaiun itu, anda juga dapat memanfaatkan daftar alumnus dengan pertimbangan para alumnus tersebut mungkin memiliki informasi pekerjaan untuk anda.

2. Perluas Relasi

Seseorang yang memiliki relasi tidak akan menyia nyiakan peluang yang diberikan oleh relasinya. Ia akan bertindak efisien dan efektif dalam menangkap setiap peluang yang ada.Dari relasi yang ada kita bisa saja mendapatkan sebuah informasi berharga seperti yang sedang kita butuhkan, salah satunya adalah informasi lowongan kerja. 

Beberapa orang ada yang mendapatkan pekerjaan dari hasil mendengarkan pembicaraan antara relasi atau teman kita. Luaskan dunia anda, mulai dengan wawasan, pergaulan dan lingkungan anda.

3. Manfaatkan Hubungan Kedekatan

Hubungan kedekatan dapat anda manfaatkan dalam mencari sebuah informasi pekerjaan. Anda bisa mencari informasi mengenai siapa saja yang punya hubungan kedekatan dengan anda. Dari sini anda bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang lowongan pekerjaan serta sedikit memudahkan anda untuk meraihnya. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah hindari praktek-praktek KKN, anda bisa memanfaatkan kedekatan anda sebatas untuk mencari informasi lowongan dan berbagi pengalaman lainnya.

4. Tidak Cukup Hanya Dengan Iklan Koran

Memang banyak sekali iklan lowongan kerja yang menjanjikan yang dimuat hampir disetiap koran atau surat kabar setip harinya. Akan tetapi tidak sedikit dari iklan tersebut yang tidak sesuai dengan faktanya. Kejelian anda sangat diperlukan untuk memilih iklan lowongan yang ada. Manfaatkan media lainnya seperti Radio, Televisi, Internet maupun menggunakan jasa pihak ke tiga.

4 langkah pantang menyerah dalam mencari pekerjaan

Ada kalanya Anda menemui kesulitan saat mencari pekerjaan baru, padahal resume dan CV sudah Anda kirimkan ke sejumlah perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tips Agar Anda tidak menyerah saat sedang mencari pekerjaan.

Hargai diri sendiri,- Apa pun kekurangan Anda dalam bidang karir, Anda harus tetap memiliki rasa hormat pada diri sendiri dan percaya akan kemampuan diri. Tuangkan itu semua ke dalam resume atau surat lamaran, agar terlihat lebih ‘menjual’. Jika Anda masih belum yakin, tanyakan ke orang-orang terdekat apa saja kelebihan Anda di bidang karir yang Anda geluti saat ini.

Maksimalkan LinkedIn,- LinkedIn merupakan situs media sosial yang menghubungkan para pekerja profesional. Maksimalkan fungsinya dengan selalu memperbarui informasi diri Anda, lengkap dengan keahlian, foto, dan minta teman-teman untuk merekomendasikan diri.

Jangan remehkan networking,- Perluas jaringan kerja Anda dengan selalu menjaga hubungan baik antar teman sekolah, kuliah, atau bahkan teman-teman di kantor terdahulu. Jangan hanya punya jaringan kerja dengan orang-orang yang di bidang sama, kalau bisa Anda juga harus memperluas pertemanan dengan siapa saja. Memiliki jaringan kerja bisa membuka banyak kesempatan bagi Anda untuk menemukan pekerjaan yang sesuai.

Persiapkan diri sebelum wawancara,- Saat akhirnya Anda dipanggil wawancara, persiapkan diri sebaik mungkin. Pikirkan soal pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan, lakukan riset untuk mencari latar belakang perusahaan, dan kenali lebih jauh mengenai keahlian Anda.


Mencari Pekerjaan Melalui Internet


Dalam Mencari Kerja melalui internet anda harus memahami trik dan kiat-kiat dalam mencari berita dan data lowongan secara cermat. Langkah-langkah dalam mencari lowongan kerja di internet antara lain:
  1. Gunakan koneksi internet yang paling murah. Bisa meminjam tetangga/saudara yang mempunyai koneksi secara unlimited. Jika anda melalui warnet digunakan yang mempunyai harga murah. Atau jika anda mempunyai target untuk mendapat pekerjaan secara cepat berlanggananlah dengan paket sesuai budget anda.
  2. Gunakan web browser yang cepat seperti Firefox. Jika ada link yang akan anda buka gunakan klik kanan dan open new windows. Sehingga hasil searching browser tidak tertutup.
  3. Rajinlah Online karena Lowongan Pekerjaan yang baik biasanya hanya beredar satu sampai dua Minggu. Hindari mendapatkan lowongan pekerjaan dari blog yang meminta anda mengisi biodata atau formulir tertentu karena kemungkinan besar data yang anda kirimkan akan disalahgunakan. Jika anda membaca iklan dari blog yang baik, Blog ini akan mengarahkan anda ke situs asli dari perusahaan pemilik Lowongan Pekerjaan.
  4. Catatlah alamat web yang telah anda dapatkan, lalu "bookmark". Maka anda tidak perlu mencari-cari alamat untuk mengunjunginya kembali. Anda hanya peru membuka kembali Bookmark tersebut.
  5. Buatlah alamat email. Saran saya gunakan alamat email sesuai dengan nama anda. Penggunaan email yang gratis tidak masalah. contoh: gmail, yahoo. misalkan nama anda wulan putri intan. Maka buatlah alamat yang sesuai. Misalnya: wulan_putri_intan@yahoo.com, atau wulan_putri_i@gmail.com. Hal ini akan membuat HRD perusahaan yang kita lamar lebih mudah untuk mencari data anda jika spesifikasi anda sesuai dengan target mereka.
  6. Disarankan untuk membuat curriculum vitae menggunakan file pdf atau word. Yang terbaik adalah pdf. Usahakan tidak lebih dari 100kb, maksimal 200kb. Agar memudahkan personalia mendownload CV anda.
Berikut ini beberapa alamat yang cukup baik untuk mencari lowongan pekerjaan.www.jobsdb.com, www.jobindo.com, www.karir.com