Cara merawat bunga hias kembang sepatu

Cara Menanam Bunga Kembang Sepatu. Banyak orang yang menginginkan bunga kembang sepatu berada di taman rumah, namun banyak orang yang merasa kesulitan dalam merawat bunga ini. Hal itu tidaklah salah dan ada benarnya. Mengingat bunga hias kembang sepatu dapat berkembang di daerah yang berbeda-beda selama ditanam pada daerah yang cocok, disiram dengan rutin dan dipupuk dengan cara yang benar.
 
Kembang sepatu dapat bertahan di berbagai lokasi dan tempat yang berbeda-beda. Sebut saja di sepanjang jalan Florida menuju utara illionis, bunga hias kembang sepatu menawarkan panorama cantik yang elok untuk dilihat. Tanaman ini tumbuh pada suhu 60 hingga 90 derajat fahrenheit, sehingga dimanapun kembang sepatu ini ditanam selama memiliki sihu yang sesuai, hal itu tidaklah akan memberikan kesulitan untuk pemeliharaannya. Utuk bertahan pada suhu tersebut, kembang sepatu harus ditempatkan pada pot yang lebih besar atau ruangan yang tertutup selama kebutuhan cahaya masih terpenuhi. Untuk pemeliharaan kembang sepatu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
 
Lokasi penempatan bunga kembang sepatu,- Kembang sepatu sangat cocok pada tanah yang memiliki asam yang banyak, yang sangat baik untuk pencahayaan. Tumbuh berkembangnya tanaman kembang sepatu sangat dipengeruhi oleh sinar matahari sehingga diperlukan tempat dan cahaya yang cocok. Ketika kembang sepatu hanya disinari sedikit cahaya, hal tersebut akan berdampak pada pemekaran bunga yang sulit untuk berkembang.


 
Pada musim kemarau bunga hias kembang sepatu membutuhkan banyak air untuk menjaga kelembaban tanah. Begitu juga pada musim hujan, kembang sepatu perlu disiram namun tidak sesering pada musim kemarau, selama kondisi tanah masih basah. Jika anda mendapati tanah tanaman masih basah maka anda tidak perlu menyiram tanaman tersebut. Karena tanaman disiram ketika kadar air semakin mengurang (tanaman terlihat kering).
 
Setelah melalui proses penamanm perawatan adalah proses yang tidak kalah pentingnya agar bunga kembang sepatu anda tumbuh subur, hijau dan memiliki banyak bunga kembang sepatu yang berwarna cerah. Adapun langkah-langkah yang harus di lakukan adalah sebagai berikut. 
 
Penyiraman Kembang Sepatu - Penyiraman pada tanaman besar harus sering dilakukan paling tidak 2 kali seminggu sampai tanah dan daun dari keseluruhan bunga kembang sepatu basah, namun penyiraman dihentikan pada musim penghujang.

Pemupukan Kembang Sepatu - Peupukan dilakukan pada tanaman hias dewasa. Tujuan dari pemupukan adalah memberikan nutrisi kepada bunga kembang sepatu. Pemberian pupuk yang disarankan adlah pupuk kompos atau pupuk kandang dengan ukuran setengah karung. Pupuk diberikan melalui tanah dengan mengubur pupuk di daerah sekitar batang dengan radius paling dekat 30 cm dan paling jaun 1 meter. Pupuk perlu diberikan secara berkala paling tidak 3 bulan sekali atau lebih sering jika tanah daerah sekitar pohon termasuk dalam kategori tandus.

Pengendalian Hama dan Gulma - Hama adalah musuh alami dari tanaman, dimana hama akan mengerat daun dan juga batang sehingga tanaman tidak akan tumbuh subur dna menjadi rusak. Penanganan harus disesuaikan dengan jenis dan tingkat seranga hama. Pada serangan yang tidak terlalu intes, bagian yang diserang hama sebaiknya di pangkas kemudian dibakar, namun pada kondisi rusak parah, penggunaan Insektisida sangat disarankan. 

Penting!!! Perhatikan tata cara penggunaan Insektisida dengan benar karena dapat menimbulkan bahaya keracunan, pra dan pasca pengaplikasian.