Tips dan Cara Sehat Menu Makanan dan Pantangan Ibu Hamil

Makanan dan Pantangan untuk Ibu Hamil


Tips Cara - Siapa yang tidak mendambakan buah hati yang yang lahir sehat dan kuat. Cara terbaik untuk mendapatkan buah hati anda lahir sehat dan mudah dengan cara menjaga kondisi tubuh, pola makan dan kegiatan yang dilakukan pada masa awal kehamilan, pada saat hamil dan masa menjelang persalinan. Kebanyakan wanita di Indonesia belum mengetahui beberapa cara yang diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh untuk ibu dan anak ketika hamil. Nah berikut ini adalah standar perawatan, pencegahan, dan pertanyaan yang sering muncul untuk wanita hamil. Berikut beberapa tips yang di sadur dari Standar pelayanan kehamilan badan kesehatan Australia mengenai Tips Hamil Sehat tentang Makanan dan Pantangan Wanita Hamil.

Mempersiapakan kehamilan sejak awal adalah bagian terpenting dari proses kehamilan

Masa Awal Persiapan Kehamilan.

Cara yang paling baik untuk mempersiapkan kehamilan adalah mempersiapkan kondisi tubuh sebelum proses kehamilan terjadi. Beberapa wanita memiliki pola hidup yang agak keras dan buruk terutama mengenai masalah makanan. Pola makan yang kurang sehat ini biasanya merupakan cara wanita dalam menjaga penampilan. Beberapa jenis pola diet sedikit bertentangan dengan mempersiapkan diri untuk hamil.

Sebelum merencanakan kehamilan, kondisi tubuh harus diperbaiki, terutama mengenai asupan gizi dan nutrisi. Waktu yang paling baik untuk memulai meningkatkan kebiasaan makan Anda ketika Anda memiliki rencana untuk mendapatkan seorang bayi, merencanakan kehamilan atau menyusui. Nutrisi yang baik sangat penting untuk bayi Anda, bahkan sebelum konsepsi.

makanan sehat untuk ibu hamil

Menjadi sehat sebelum kehamilan

Seberapa penting peran makanan untuk wanita hamil? Hal pertama yang harus dilakukan oleh wanita sebelum proses kehamilan terjadi adalah dengan cara mengubah gaya hidup. Gaya hidup sehat yang berdasarkan standar kebutuhan gizi wanita hamil sangat berbeda dengan pola diet seorang wanita. Usaha ini termasuk salah satu usaha yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi pada saat hamil nantinya. Buatlah daftar pola makanan yang disesuaikan dengan usia kandungan anda, akan jauh lebih efektif. 

Menjaga kesehatan dan jumlah asupan gizi sebelum proses kehamilan sangatlah penting. Makan makanan bergizi dan juga menghindari beberapa zat yang berbahaya dan memperbaiki pola tidur merupakan saran yang paling baik. Mulai dengan makan sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh, memporsir makanan dalam jumlah besar justru tidak baik bagi kehamilan, begitupun dengan kekurangan asupan gizi akan berakibat sama buruknya dengan kelebihan gizi.


Mengapa Asam folat diperlukan sebelum kehamilan?

Asam Folat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh semua orang untuk kesehatan. Asam Folat banyak terdapat pada makanan nabati seperti sayuran hijau, roti gandum dan sereal, kacang kering dan kacang-kacangan. Beberapa makanan seperti sereal dalam kemasan juga mengandung asam folat.


Sumber folat untuk ibu hamil 

Berdasarkan hasil penelitian, Asam Folat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pada awal menjelang proses kehamilan. Asupan asam folat yang seimbang dapat mengurangi resiko bayi cacat tabung saraf atay Spina bifida. Resiko cacat ini sangat besar terutama pada masa pembetukan sumsum tulang belakang dan otak. 

Jika asupan folat pada menu makan anda masih kurang, maka disarankan untuk mengkomsumsi folat tambahan pada masa satu bulan sebelum kehamilan sampai tiga bulan pertama setalah tanda-tanda kehamilan muncul. Tablet folat dijual secara bebas di apotek dengan harga yang terjangkau. Untuk mendapatkan tablet folat, tidak diperlukan resep dokter.

Penting!!! Beberapa wanita mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi memiliki bayi dengan cacat tabung saraf dan akan direkomendasi-kan untuk mengkonsumsi folat dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi dokter.

Menu Makan sehat selama Proses Kehamilan

Makanan adalah sumber tenaga, nutrisi dan gizi bagi seluruh mahluk hidup, tidak hanya untuk wanita hamil oleh karena mengkomsumsi makan an bergizi sangat penting bagi siapa saja.


Berapa banyak makanan yang harus ibu hamil makan?

Beberapa rumor yang tidak bertanggung jawab menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya makan makanan untuk porsi dua orang yakni dirinya dan juga bayi. namun itu tidaklah benar!. Hal yang paling penting bagi ibu hamil adalah menjaga kualitas menu makanan. Ibu hamil hanya membutuhkan sedikit tambahan energi (kalori) selama proses kehamilan. Beberapa jenis nutrisi yang sebaiknya diperhatikan adalah asupan Kalsium, zat besi, protein dan asam folat.

Menu Makanan yang harus ibu hamil makan?

Hal ini penting bagi wanita yang sedang hamil adalah makan dengan pola makanan seimbang. Ini akan membantu bayi Anda untuk tumbuh kuat dan sehat. Saat hamil, Wanita perlu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri dan juga janin yang ada pada kandungan.

Anda dapat menggunakan Panduan Makan Sehat untuk ibu hamil dan menyusui dari dokter kandungan setempat. Konsultasi dengan dokter kandungan akan memberikan anda petunjuk mengenai potensi makanan lokal yang bisa anda dapatkan di pasar setempat, Namun berikut ini mungkin bisa menjadi saran penyajian menu makan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui:
  • Sumber Karbohidrat: Roti, sereal, nasi, Kentang, pasta, mie (bukan mie Instant). 
  • Sayur-sayuran dan juga kacang-kacangan 
  • Buah segara 
  • Susu, yoghurt, keju 
  • Daging, ikan, unggas, telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan. 
Cobalah beberapa varisasi dari setiap kelompok makanan diatas untuk menghindari rasa bosan pada saat menjalani perbaikan gizi. Meskipun kebanyakan orang Indonesia menjadikan Nasi sebagai sumber karbohidrat bahkan sebagai makanan pokok utama. Tempe merupakan salah satu jenis makanan alternatif yang memiliki cukup banyak gizi.

Beberapa jenis makanan atau cemilan mungkin tidak tercantum pada daftar di atas, namun jika ibu hamil ingin selingan berupa cemilan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit, tertutama makanan dan minimal yang mengandung alkohol dan soda.

Saran penyajian menu makanan untuk ibu hamil 
  • Gunakan basis pola makan wanita hamil sekitar nasi, roti atau sereal, sayuran dan buah. 
  • Sertakan juga makanan hewani seperti susu, yogurt, daging, ikan, unggas atau telur. 
  • Variasi dalam menu makan sangat penting, selain untuk menghindari kejenuhan juga untuk kesehatan pencernaan. 
  • Setiap kelompok makanan di atas memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berbeda, jadi sangat penting untuk menghindari kelebihan porsi makanan, misalnya kelebihan makanan dari kelompok buah, atau kelebihan makanan dari kelompok sayur. 
  • Makanan tambahan baik berupa cemilan atau junk food boleh dikonsumsi untuk menghindari kejenuhan, namun jangan di konsumsi dalam jumlah banyak. 
  • Minumlah air dalam jumlah banyak. 
  • Perbanyak makan makan karbohidrat seperti Roti, Sereal, Nasi, Pasta dan Mie. Gandum juga merupakan makanan kandungan serat tinggi. 

Saran Sumber Karbohidrat untuk Ibu Hamil. 
  • Roti tawar, nasi, coklat, biji-bijian campuran, buah-buahan dan gandum. 
  • Beberapa jenis sereal seperti bubur kacang hijau, bubur gandum, atau bubur nasi 
  • Hindari penggunaan toping yang berlebih terutama yang mengandung banyak gula dan lemak. 
  • Jika sereal alami susah ditemukan, mengganti konsumsi dengan sereal kemasan seperti coco crunch dan sejenisnya bisa menjadi alternatif. Namun sebaiknya pilihlah sereal kemasan dengan merek jelas dan memiliki nilai kandungan gizi.