Bahaya Makanan Pedas dan Cabai Bagi Ibu Hamil

Bahaya Makanan Pedas dan Cabai Bagi Ibu Hamil

Tips dan Cara. Makanan yang mengandung banyak cabai atau rasa pedas memang selalu memiliki tempat dihati. Meskipun membuat orang kepedasan namun jumlah penggemar cabai justru juga sama pedasnya terlebih bagi makanan khas Indonesia yang selalu dibumbui dengan masakan pedas entah dair cabai ataupun dari lada. 

Makanan yang pedas ini kemudian booming dan menjadi pavorit bagi kaum wanita namun sayangnya ada suatu masa di mana wanita harus mengandung dan memiliki beberapa pantangan terutama untuk hal makanan. Hal ini tentu saja untuk kebaikan dari janin calon buah hati kelak. Lantas apa saja bahaya makan cabai bagi ibu hamil, mari kita imak berasam.

Rasa Mulas
salah satu pengaruh buruk makanan pedas bagi ibu hamil adalah munculnya rasa mulas. Rasa mulas ini akan lebih besar ketika rasa pedas yang dimakan berasal dari cabe. Meskipun beberapa ibu hamil tidak akan mengalami gangguan setelah mengkonsumsi cabai namun rasa mulas leboh mudah dirasakan wanita pada saat sedang hamil dibandingkang pada kondisi normal. Kondisi bertambah buruk dengan pola makan yang banyak mengandung cabai.


Bahaya Makanan Pedas dan Cabai Bagi Ibu Hamil pedis lombok lombo cabe lada pedis bambang


Diare
Selain rasa mules, Cabai juga diyakini menjadi salah satu penyebab diare yang paling manjur.Jika seorang wanita hamil menkonsumsi cabai dan mengalami diare, ha yang dikhawatirkan adalah dehidrasi karena kekurangan cairan dari dalam tubuh. Hal yang berbahay bukanlah diare tapi dehidrasi. dehidrasi dapat menggangu kesehatan ibu hamil terlebih bagi si janin yang sedang dalam proses pembentukan di dalam rahim sang ibu. selain dari cabai makan kotor dan juga banyak serat seperti mangga dan mentega dapat menyebakan diare oleh karena ada baiknya untuk mengurangi menkonsumsi makan jenis ini.

Kontraksi.
Mengkonsumsi makan pedas pada ibu hamil dapat menyebakan pelepasan hormon prostaglandin berlebih dari dalam tubuh. Hormon prostaglandin pada konsentrasi yang cukup tinggi dapat memicu ransangan pada otot-otot halus sehingga terjadi kontraksi. Hal ini akan menjsadi buruk pada saat usia 7 sampai 9 bulan kehamilan karena gangguan ini dapat saja menyebakan kelhairan prematura atau mengganggu proses kehamilan karena sang ibu selalu menganggap waktu melahirkan telah tiba. Hal ini perlu diperhatikan terutama dari segi mobilisasi ibu hamil yang sedang kontraksi tentu saja dapat berakibat pada kepanikan oleh karean ada baiknya untuk mengatur menu makan sehat ibu hamil lebih lengkap.

Rasa Mual
Beberapa hasil penelitian menunjukkan masalah rasa mual berlebih seteleh mengkonsumsi makan pedas, meskipun dokter menyatakan bahwa tidak ada gangguan yang diderita oleh ibu hamil karena masakan yang pedas selama rasa pedas tersebut berada pada batas normal tidak dibuat sangat pedas. Janin yang ada dalam kandungan juga tidak akan menerima rasa pedas yang dirasakan oleh sang ibu karena secara biologis, Janin hanya menyerap nutrisi yang berasal dari darah dan pencernaan sang ibu sehingga hanya nutrisi dari makanan yang diserap tanpa disertai rasa.