Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi dan Kesehatan Mata

Kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi dan Kesehatan Mata

Tips Wacaramu. Mata adalah jendela dunia, Tanap mata seseorang tidak akan pernah bisa menikmati indahnya termasuk mebaca artikel ini oleh karena itu tidak satu orangpun yang menginginkan mata-nya rusak. Meskipun manusia sangat syaang dengan matanya, namun ternyata ada banyak kebiasaan buruk yang tidak sengaja dilakukan oleh manusia yang dapat merusak kesehatan mata. Kebiasaan apa sajakah yang dapat merusak kesehatan mata tersebut? Agar kita terhindar dari penggunaan kacamata pada usia dini atau usia yang masih mudah, berikut ini kebiasaan yang harus anda hindari agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

1. Tidur dengan Kontak Lensa
Penggunaan kontak lens memang memberikan banyak bantuan bagi penampilan atau bahkan bagi beberapa orang kontak lens bisa menjadi alat bantu membaca, hanya saja penggunaan kontak lens dalam jangkan panjang tidak pernah direkomendasikan karena ada banyak dampak buruk yang bisa di terjadi dengan mata anda. Hal ini terjadi karena kontak lens berbentuk lapisan yang menghalangi oksigen dan pelumas alami dari kelenjar air mata sebagai bahan pelumas kornea mata. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan mata. Bisa anda bayangkan jika anda tidur dengan kontak lens akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan mata anda.
 
mata cewek cantik rusak karena kontak lensa
 
2. Memandang Layar Komputer
Bekerja seharian dengan layar computer dapan membuat mata anda lemnjadi kering dan mudah lelah. Mata akan terus menerus terfokus pada area kecil dengan tingkat exposure yang tidak natural yakni kadang kurang dan kadang lebih. Hal ini tentu saja tidka baik kesehatan mata anda. Salah satu caranya yang terbaik yang dapat dilakukan jika anda harus bekerja dengan layar computer adalah menjaga jarak mata dan computer sejauh 15 sampai dengan 20 inci. Selain menjaga jarak, berikat relaksasai mata anda dengan memandang kea rah yang agak jauh selaa satu atau dua menit agar kelenturan mata terjaga.
 
buah dada cewek keliahatan sedang main laptop
 

3. Hindari kebiasan menggosok mata
Menggososk mata dengan tangan tidak cukup baik menghilangkan rasa gatal karena kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan iritasi mata terutama jika gatal tersebut disebabkan oleh debu. Selain iritasi, ada kemungkinan tangan terkontaminasi oleh bakteri sehingga mata dapat terinfeksi dan merah sampai akhirnya meradang. Cara yang paling baik untuk menghindari rasa gatal adalah dengan cara meneteskan obat tetes mata atau membasuh mata dengan air panas.
 
jangan menggosok mata karena dapat menyebakan mata buta
 

4. Tidak Suka Pakai Kacamata Hitam
Hampir serupa dengan kulit manusia, mata memiliki juga membutuhkan perlindungan dari paparan sinar UV dari matahri langsung. Paparan sinar UV yang berlangsung lama akan memaci degenrasi sel pada macula dan berujung pada kerusakan retina. Selain dari Paparav sinar UV, perbedaan kontras dan Overexpsoure pada saat di daerah terang seperti di pantai dapat mengakibatkan serangan pada saraf mata sehingga terasa sakit oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan Kacamata HItam pada saat aktifitas di luar ruangan teruatam pada jam 10.00 sampai dengan 16.00 untuk daerah-daerah tropis.
 
cantik dan tomboy dari tank top dengan menggunakan kacamata
 

5. Tidak membersihkan peralatan Make-Up
Wanita adalah mahkluk paling akrab dengan peralatan yang satu ini, peralatan make up ternyata dapat menjadi penyebab konjungtivis dan pada tingkat parah dapat menginfeksi. Hal ini terutama pada peralatan yang berhubungan dengan mata dan berbahan bulu seperti kuas. Bulu yang dibiarkan pada keadaan terbuka dapat menjadi saran dari bakteri.
 
Membuat mata cewek menjadi cantik setelah menggunakan eyebrow
 

6. Penggunaan Bulu Mata Palsu dalam Jangkan Waktu Yang Lama
Penggunaan bulu mata palsu sehingga bulu mata tampak lebih panjang dan lentik memang menambah daya tarik mata, namun tentu saja penggunaan bahan pelekat pada bulu mata yakni lem dapat menjadi perekat yang baik untuk beberapa partikel yang tidak baik untuk kesehatan mata. Saran yang paling direkomendasikan adalah sering membersihkan kelopak mata dari lem yang melekat dan juga beberapa make yang masih menempel di mata.
 
siapa yang dapat merusak mata dengan bulu mata

Selain menghindari aktivitas-aktivitas yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata, anda juga harus rajin mengkonsumsi vitamin A dan makanan yang banyak mengandung Vitamin A seperti wortel dan Tomat. Mengkonsumsi jenis makanan tersebut dalam keadaan segara dapat membantu mata anda tetap sehat dan menjauhkan kacamata dari wajah anda.