Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah mengecilkan Gelambir Lengan dengan cepat

Cara Mudah mengecilkan Gelambir Lengan dengan cepat

Tips Cara. Cara Mudah mengecilkan Gelambir Lengan dengan cepat, Berencana merampingkan lengan? Bukan hal yang mustahil kok, membidik area tertentu untuk dihilangkan lemaknya. Tetapi mengurangi keseluruhan bobot tubuh akan menghasilkan lengan yang ramping. Anda bisa berdiet atau melakukan olahraga untuk menyingkirkan lemak-lemak yang mengganggu itu. Mencoba menggunakan gaun pesta dan terkejut karena ternyata lengan terlihat gemuk dan lembek? Ya, ekstra lemak di lengan acap membuat wanita tak percaya diri ketika mengenakan pakaian tertentu.

Baca Juga Artikel

Beberapa wanita merasa malu karena memiliki lemak yang berlebihan di lengan dan paha. Sebagian dari mereka menjadi tidak percaya diri ketika mengenakan busana tanpa lengan juga celana pendek. Untuk mengecilkan lingkar lengan dan paha dibutuhkan gaya hidup sehat serta diimbangi dengan olahraga. Ada beberapa latihan yang membuat Anda lebih fokus ke bagian tersebut. Berikut langkahnya seperti diuraikan para ahli.

Punya Target,- Dr. Phaidon Toruan yang pernah menjadi konsultan kesehatan di Wolipop menyarankan untuk mempunyai target. "Saran saya pertama ketahui persentase lemak Anda. Dengan demikian, Anda punya target yang jelas dalam membentuk tubuh yakni menurunkan persentase lemak. Bila Anda melakukan kombinasi olahraga dan makan yang sehat,maka persentase lemak akan turun dan ukuran paha serta lengan Anda akan mengecil," tutur Dr. Phaidon.

Tips Mudah mengecilkan Gelambir Lengan dengan cepat

Olahraga yang Fokus Pada Kedua Bagian, Sebelum melakukan olahraga yang hanya fokus pada kedua bagian, ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra kemayoran, Michael Triangto, menganjurkan agar lakukan olahraga rutin terlebih dahulu, seperti jogging, senam, atau latihan fisik lainnya sekitar tiga sampai lima kali dalam satu minggu. 

Setelah melakukan latihan menyeluruh, baru Anda bisa berkonsterasi menghilangkan lemak yang ada di area tertentu. Anda bisa mencoba gerakan latihan yang mengencangkan otot tangan dan lengan. "Saya lebih suka secara menyeluruh dulu kita turunkan (berat badan) setelah itu baru kita fokus pada bagian-bagian yang terjelek. Misalnya lengan kita bantu dengan gerakan tricep dan bicep," jelas Michael.

Cara meudah mengecilkan lengan

Sedangkan gerakan side kick dapat membantu mempercepat proses menghilangkan lemak di paha. Gerakan side kick dilakukan dengan cara menendang ke arah samping. Selain itu, Anda bisa mengecilkan paha dengan melakukan High Intensity Interval Training (HIIT). 

"Jadi dengan latihan HIIT tadi kita menggabungkan antara gerakan ringan dengan gerakan yang lebih berat. Kalau kita latihan 3 menit, 2,5 menit untuk latihan ringan, yang 1,5 menit latihannya berat. Misalnya 2,5 menit jalan cepat, setengah menitnya jogging," ujar dokter olahraga itu.

Pertanyaanya Olahraga apa saja yang tepat untuk mengecilkan lengan? Dilansir Boldsky dan ditulis pada Senin (17/2/2014), inilah 5 jenis olahraga yang dapat membantu merampingkan lengan.

Olahraga di dalam ruangan,- Untuk olahraga di dalam ruangan, push up sangat direkomendasikan. Cobalah untuk melakukan push up dengan telapak tangan ada di ranjang atau bangku, kemudian angkat tubuh menggunakan otot trisep. Jika memungkinkan, lakukan juga push up dengan posisi sejajar lantai. Seluruh beban tubuh harus di ditopang oleh lengan dan beban maksimum ada pada lengan atas. Dengan gerakan ini, bagian kendur pada lengan atas akan berkurang.
Tips Cara Push up Mudah mengecilkan Gelambir Lengan dengan cepat

Lompat tali,- Lompat tali disertai dengan olahraga peregangan yang rutin cukup membantu jika Anda menginginkan lengan berbentuk indah. Saat melakukan lompat tali, pusat pembakar lemak ada di area lengan, termasuk ketiak. Asupan air yang cukup adalah keharusan ketika tubuh mulai berkeringat
Lompat tali disertai dengan olahraga peregangan

Yoga,- Yoga adalah salah satu olahraga yang ampuh menyingkirkan lemak di lengan. Pose yang harus dilakukan ialah pose Kobra atau Bhujangasana. Fokuskan beban pada lengan dan bukan pada sendi bahu. Jangan tambah sudut pada siku hingga melampaui 120 derajat dan pastikan bahu berada pada posisi yang benar. Jika tidak, pose tersebut akan percuma.

bentuk posisi Bhujangasana
Berdiri dengan lengan,- Berdiri dengan lengan dengan menggunakan bantuan dinding sangat dianjurkan bagi praktisi yang mampu melakukannya atau cukup ahli. Sedang bagi praktisi yoga biasa, rutin melakukan pose matahari atau suryanamaskaras sudah cukup untuk merampingkan lengan. Jika anda masih kesulitan melakukan gerakan ini sendiri, jangan malu untuk meminta bantuan teman terlebih dahulu.

Pose yoga yang juga membantu menghilangkan lemak di lengan ialah Urdhva Mukha Svanasana dan Charutangadandasana. Urdhva Mukha Svanasana adalah pose seperti anjing laut. Sedangkan Charutangadandasana adalah posisi dengan tubuh sejajar lantai di mana beban tubuh bertumpu pada telapak tangan dan kaki saja.

Fitnes,-Bagi para penggemar senam atau fitnes, ada beberapa gerakan yang dapat membantu menyingkirkan lemak di lengan. Yang harus dilakukan ialah melakukan gerakan untuk melatih otot bisep dan trisep. Misalnya dengan menekuk lengan yang terbuka lantas meluruskannya kembali, persis seperti gerakan melatih lengan dengan barbel. Atau, menggerakkan lengan kanan secara diagonal dari sisi kiri bawah tubuh ke kanan atas dan sebaliknya, mengepakkan lengan dalam posisi membungkuk, serta menggerakkan lengan dari posisi di depan perut menuju posisi lengan menekuk di depan dada.

Gerakan tersebut dipadu dengan tambahan beban sangat baik untuk menghilangkan lengan yang lembek. Berkonsultasikan dengan instruktur untuk menemukan sudut lengan yang tepat dapat memberi hasil maksimal.

Jangan buang-buang waktu lagi untuk melakukan olahraga peramping lengan. Olahraga rutin yang mencakup pembakaran kalori dan beberapa latihan kekuatan bisa merampingkan bentuk lengan sekaligus punggung. Kelebihan lemak, terutama di lengan, tidak membutuhkan olahraga yang berat. Sebaliknya, lengan hanya membutuhkan olahraga tertentu di mana seluruh tubuh bergerak dan ada fokus gerakan ekstra pada lengan atas. Olahraga semacam itu dapat menghadiahi lengan yang seksi. 

Konsumsi Makanan Sehat,- Olahraga juga harus diimbangi dengan makanan sehat. Masukkan menu harbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, atau jagung ke asupan sehari-hari. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral. Perhatikan jumlah karbohidrat dan protein yang Anda makan. Dr. Phaidon menyarankan agar Anda mengubah komposisinya. 

Menurut penulis 'Fit For Success' itu tidak semua orang memerlukan banyak karbo. Oleh karena itu Anda harus melakukan evaluasi secara pribadi atau konsultasi ke ahli kesehatan. Mengonsumsi makanan sehat membuat tubuh Anda lebih efisien dalam membakar lemak.

Rutinitas Harian untuk Singkirkan Lemak di Lipatan Ketiak


Tumpukan lemak pada lipatan lengan dan ketiak bisa mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri luntur, terutama jika Anda suka mengenakan busana tanpa lengan. Selain itu lemak di daerah ini juga membuat tidak nyaman karena akan terasa mengganjal saat lengan dikepit.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan lengan dan lipatan ketiak yang berlemak, ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan diet dan olahraga yang tepat. Ini beberapa tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up:

Rutin Latihan Fisik,- Jika ingin menyingkirkan lemak di lipatan ketiak, Anda harus rajin beraktivitas fisik. Salah satu latihan yang bisa dilakukan adalah aerobik atau kardiovaskular. Latihan dengan intensitas tinggi akan lebih cepat membakar kalori dan kurangi lemak berlebih. Sempatkanlah fitnes selama satu jam, setidaknya lima kali seminggu.

Diet Sehat,-Sangat penting untuk menjalani diet sehat jika Anda ingin punya lengan yang ramping, seksi dan indah. Pastikan menu makanan Anda terdiri dari banyak sayuran, biji-bijian, gandum utuh, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan dan buah-buahan. Hindari juni food dan makanan berkalori serta berkarbohidrat tinggi karena akan menambah penumpukan lemak tidak hanya di lipatan lengan, tapi juga perut dan paha.

Push-up,- Diet tidak akan memberikan hasil yang maksimal tanpa disertai olahraga yang tepat. Untuk mendapatkan lengan yang kencang dan menyingkirkan 'penampakan' lemak yang mengganggu, fokuskan latihan pada bagian atas. Masukkan push-up dalam rutinitas latihan Anda.

Mulai dengan posisi tubuh planking (tubuh sejajar mulai dari bahu, punggung hingga kaki) dan tangan lurus bertumpu pada lantai. Pastikan pergelangan tangan sejajar dengan lebar bahu. Kemudian tekuk siku dan rendahkan tubuh Anda ke lantai, pastikan dada Anda hanya berjarak beberapa inci dari lantai.

Luruskan tangan dan kembali ke posisi semula. Lakukan push-up sebanyak 15 kali dan tambah jumlahnya setiap kali latihan, atau ketika stamina dan kekuatan lengan Anda bertambah seiring seringnya latihan.

Dumbbell Press,- Gunakan alat bantu dumbbell atau barbel untuk membentuk otot dan mengencangkan lengan, khususnya lipatan ketiak Anda. Berbaringlah di kursi panjang dengan kedua tangan lurus ke atas sambil memegang dumbbell. Tekuk siku perlahan-lahan hingga posisi siku sedikit berada di bawah bangku. Luruskan lagi tangan ke atas, dan ulangi gerakan tadi sebanyak 15 kali. Anda bisa menambahnya menjadi 20 kali dengan 4 set latihan setiap hari.

Gunakan alat bantu dumbbell atau barbel untuk membentuk otot
Sumber: detik.com