Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Besar

Tips dan Cara. Mencari pekerjaan adalah beban bagi hampir setiap manusia, bahkan bagi mereka yang telah memiliki gelar akademik. Tips dan Cara Mudah Mebuat surat Lamaran Kerja dibutuhkan untuk mengetahui apa saja yang harus tersedia dan terlampir pada surat lamaran kerja. Berikut ini tips yang bisa dijadikan referensi dalam mencari Kerja.
Tips dan Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Besar

Baca Juga Artikel

Berdasarkan pengalaman penulis, mencari kerja dengan mengajukan surat lamaran kerja adalah faktor utama dalam mengikuti tahapan selanjutnya, biasanya setelah seleksi surat lamaran kerja adalah tes keterampilan kerja untuk dibidang teknik dan untuk non teknik langsung ke wawancara. nah berikut yang harus ada didalam surat lamaran kerja anda.

Biodata Lengkap

Biodata lengkap adlaah salah satu syarat utama surat anda dibaca, jika terdapat biodata yang kurang lengkap maka surat lamaran anda biasanya tidak akan dibaca. Jika anda memiliki gelar, jangan malu-malu untuk menuliskan gelar di belakang nama anda. Pada kolom biodata juga biasanya berisi kontak yang bisa dihubungi saat surat lamaran yang anda kirim seperti no handphone, oleh karena tulislah kontak yang jelas yang bisa dihubungi sewaktu-waktu dan juga kontak cadangan yang bersifat tertunda. 

Alamat email yang anda gunakan sebaiknya diganti dengan nama yang baik dan sopa. Gunakan singkatan yang sesuia dengan aturan bahasa Indonesia. Misalnya nama Anda adalah Ahmad Dahlan, Karena Nama ini biasanya sudah sangat pasaran digunakan, maka gunakan penanda yang misalnya Ahmaddahlanspd@gmail.com atau Ahmadahlan@gmail.com. Membalik nama juga boleh digunakan namun ini tidak begitu disarankan, misalnya Dahlanahmad@gmail.com aatu menyingkat nama seperti ADahlan@gmail.com.

Foto Terbaik. Hal ini memang hampir tidak bisa dibuktikan namun good look akan memberiipeluang lebih besar untuk mendapatkan perkerjaan. Percayalah penampilan pada foto juga menjadi penentu apakah surat lamaran pekerjaan akan dibaca atau tidak.

Ketik Komputer. Surat lamaran pekerjaan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai keterampilan yang anda miliki bukan untuk mengukur keterampilan anda menulis. Mitos berupa tulisan tangan dengan baik akan yang baik itu tidak dapat dibenarkan. Satu-satunya alasan mengapa surat lamaran Kerja harus ditulis dengan tangan adalah untuk menentukan apakah anda pandai menulis atau tidak, Jika anda sudah memiliki gelar atau paling tidak tamat SMA makan menulis surat lamaran kerja tidaklah bermanfaat apalagi jika tulisan tangan anda tidak begitu rapi.

Pengalaman Kerja atau Keterampilan Yang di Kuasai Ditulis secara Gamblang.

Awalnya saya ragu kalau menuliskan keterampilan yang dikuasai dengan detail membuat surat lamaran kerja menajdi bengkak, namun setelah saya mencoba melamar di perusahaan Amerika Agreeko ternyata surat malaran saya tembus dan berhasil sampai tahap wawancara. Contoh Tambahkan Poin Keterampilan pada surat lamaran dengan format

Keterampilan yang dikuasai:
  1. Mampu bekerja dalam tim maupun individu.
  2. Menguasai Work Permite dengan baik.
  3. Mampu melakukan troubleshooting pada kejadian tak terduga.
  4. Menguasai sistem maintenace berkala dan rutin pada mesin HFO.
  5. Dapat bekerja dengan baik dalam tekanan.
Cara melamar pekerjaan dengan mudah

Menyertakan CV atau daftar riwayat hidup sangat penting dalam melamar pekerjaan. Lamarlah pekerjaan sesuai dengan bidang yang dikuasai karena Perusahaan mencari pekerjaan yang siap kerja. Hal ini juga berarti pengalaman dalam pekerjaan sangat diutamakan.

Mengapa Pengalaman sangat diutamakan.
Pengalaman kerja sangat diutamakan dalam mencari pekerjaan karena perusahaan tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan berupa training karyawan pasca penerimaan. selain membebani kantor dengan biaya tambahan, hal ini juga berdampak pada penggunaan bidang HRD akan terbebani. Oleh karena carilah pengalaman kerja sebelum mencari pekerjaan. Pengalaman kerja dapat didapatkan melalui lembaga kursus atau lembaga pelatihan tenaga kerja yang akan disertakan sertifikat pada bidang kerja tertentu.