Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Bergambar: Tips dan Cara Mudah Melakukan Gerakan Yoga dan Juga Manfaatnya

Tips Cara. Gerakan yoga merupakan gerakan olahrga alternatif yang bisa dilakukan di mana saja. Namun melakukan gerakan yoga tidak lah semudah yang terlihat. Dibutuhkan pengetahuan yang cukup agar terhindar dari luka ketika mempraktekkannya di rumah. Berikut ini tips dan cara mudah melakukan gerakan Yoga di rumah disertai dengan gambar.

Pose Yoga Downward Facing Dog
Manfaat: Memperlancar sirkulasi seluruh tubuh, memperkuat otot paha 
Tips cara mudah pose dan gerakan yoga di rumah

Cara: Gerakan ini menyerupai gerakan merangkak. Gerakkan tangan anda ke depan secara perlahan dengan mengankat pantat dan berusaha untuk membentuk sudut yang paling besar hingga tubuh membentuk huruf V. Berjalan seolah-oleh seperti anjing ke arah belakang tapi tetap ditempat. Gunakan kekuatan tumit untuk menopang paha dan pantat anda.
Gerakan dan Pose Yoga Warrior Pose
Manfaat: Memperkuat dan meregangkan kaki dan pergelangan kaki
Cara mudah melalukan yoga di rumah
Cara: Berdiri dengan kaki Anda seperti kuda-kuda pesilat.Tekuk kaki kiri anda hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian bentangkan tangan selebar-lebarnya hingga membentuk sudut 180 derajat antara tangan kanan dan juga tangan kiri. Jagalah poses tersebut selama yang anda bisa dengan tetap bernafas dalam, kemudian ganti sisi.

Gerakan dan Pose Yoga Tree Pose
Manfaat: Meningkatkan keseimbangan; memperkuat otot paha, betis, pergelangan kaki, dan tulang belakang
Cara mudah Gerakan dan Pose Yoga Tree Pose
Berdiri dengan kedua kaki kemudian angkat kaki secara perlahan. Secara perlahan angkat satu kaki secara perlahan menuju paha anda sehingga paha anda ditekan oleh kaki kiri. Letakkan tangan anda seperti melakukan pose montaint yaitu menengadahkan tangan ke langit, kemudian lipat hingga menyerupai orang bersalaman seperti pada gambar.

Gerakan dan Pose Bridge Pose
Manfaat: Menguatkan dada, leher, dan tulang belakang; memanaskan bagian punggung dan tulang belakang.
cara mudha melakukan gerakan yoga Bridge Pose
Cara: Berbaringlah di lantai dengan lengan di sisi tubuh. Tekuk lutut anda kemudia tekan kaki ke lantai saat Anda mengangkat pinggul Anda. Kemudian satukan tangan Anda di bawah punggung bawah Anda dan tekan lengan bawah sebagai pengganjal. Angkat pinggul Anda sampai tangan anda sejajar dengan lantai saat Anda membawa dada Anda ke dagu Anda. Catatan untuk pemula: mencoba bantal di bawah kepala Anda dan / atau pinggul.

Tata cara dan tips dalam melakukan yoga
Pose Segitiga atau Triangle Pose
Manfaat: penuh stretch tubuh; memperkuat paha, lutut, dan pergelangan kaki; mengurangi sakit punggung; baik dianjurkan untuk ibu hamil
Tata cara Pose Segitiga atau Triangle Pose
Cara: Mulai dearakan ini dengan pose warior kemudian membungkuk untuk menyentuh kaki dengan tangan sembari menengadahkan tangan yang satunya ke arah atas. Lakukan gerakan ini secara bergantian secara perlahan. Sebelum melakukan gerakan ini disarankan untuk melakukan pelemasan terlebih dahulu.
Greakan dan Pose yoga Seated Twist
Manfaat: memberi Anda peregangan yang paling baik, terutama setelah berjam-jam duduk di kantor; bekerja denag  bahu, pinggul, dan leher
Cara: Duduk di lantai dan memperpanjang kaki Anda. Sebrangkan kaki kanan Anda di atas luar paha kiri. Tekuk lutut kiri Anda menjaga lutut kanan menunjuk ke arah langit-langit. Jauhkan tangan kanan Anda di lantai di belakang Anda untuk tetap stabil dan menempatkan siku kiri ke bagian luar lutut kanan. Memutar ke kanan sejauh yang Anda bisa, bergerak dari perut Anda. Pastikan untuk menjaga kedua sisi pantat Anda di lantai. Lakukan ini di kedua sisi.
Gerakan dan Pose Upward Facing Dog
Manfaat: Peregangan dan memperkuat tulang belakang, lengan, dan pergelangan tangan
cara mudah Gerakan dan Pose Upward Facing Dog
Cara: Berbaring dengan telungkup di lantai dengan ibu jari Anda di bawah bahu, kaki diperpanjang dengan puncak kaki Anda di lantai. Selipkan pinggul ke bawah saat Anda menekan glutes Anda. Menjaga bahu Anda ke bawah, push up dan angkat dada Anda dari tanah. Rileks dan ulangi.