Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kembang Sepatu Untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Kembang Sepatu Untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Tradisional


Tips Cara,- Hibiscus Rosa Sinensis atau bunga kembang sepatu sangat banyak dijumpai di seluruh wilayah di Indonesia. Bunga kembang sepatu tumbuh subur di daerah rendah maupun daerah tinggi sehingga sangat mudah untuk menjumpai pohon kembang sepatu setiap saat. Sayangnya jumlah kembang sepatu yang banyak tidak disertai dengan pemanfaatan yang maksimal oleh masyarakat karena tidak banyak yang mengetahui informasi mengenai manfaat dari bunga kembang sepatu. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa manfaat mengenai bunga kembang sepatu sebagai obat alami tradisional.

Fotografi Bungan Kembang Sepatu Manfaat Kembang Sepatu Untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Bunga Kmebang Sepatu Sebagai Obat Tradisional


1. Kembang Sepatu Sebagai Obat Sakit Panas.
Pada zaman dahulu sebelum paracetamol dijual bebas dan banyak beredar di masyarakat, ada banyak cara yang digunakan untuk menurunkan panas salah satunya adalah kembang sepatu. Akar kembang sepatu dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Sari akar kembang sepatu selanjutnya direbus selama 30 sampai mendidih. Air rebusan kemudian disaring dan diminum.

2. Kembang Sepatu Sebagai obat Batuk dan Sariawan
Daun dari kembang sepatu dapat digunakan obat pereda batuk. Rebusan daun kembang sepatu yang dicampur dengan air yang diseduh selama 15 menit dapat meredakan serangan batuk. Selalu mencuci bersih daun kembang sepatu merupakan tips yang paling baik agar kuman tidak ikut sebelum merebus.

3. Kembang Sepatu sebagai Obat Bronkhitis
Serangan sakit paru-paru berupa bronkitis dapat diredakan dengan menggunakan rebusan bunga kembang sepatu. Rebus bunga kembang sepatu dengan selama 15 menit kemudian minum air secara rutin dikliam dapat meredakan serangan sakit Bornkitis.
 
4. Kembang Sepatu Obat Sakit Kepala
Rebusan daun kembang sepatu selama 30 menit dapat meredakan sakit kepala. Air rebusan daun kembang sepatu tidak diminum tapi digunakan sebagai air kompres. Air kompres ini sebaiknya direndam dengan bantuan handuk kemudian digunakan untuk mengompres kepala hingga sakit kepala pun reda. 

Ada banyak hal manfaat mengenai kembang sepatu yang masih tersebar luas di masyarakat Indonesia. Hanya saja sangat jarang dijadikan dasar sebagai landasan dan referensi dalam penelitian yang lebih lanjut agar manfaat dan dampak kembang sepatu secara pasti dapat diketahui manfaatnya. Oleh karena tidak ada salahnya jika anda menanam beberapa pohon kembang sepatu karena juga dapat menjadi hiasan yang cantik dengan bunga berwarna merah, putih dan juga kuning.